TEMA 9 : membuat peta pikiran dan melakukan wawancara mengenai lingkungan

 Mind map atau peta pikiran adalah cara meletakkan informasi yang digambarkan ke dalam cabang-cabang pikiran dengan berbagai imajinasi kreatif.

Dalam membuat peta pikiran ada hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu sebagai berikut :

1. pastikan Tema utama terletak di tengah-tengah.

2.  Tema utama akan muncul tema tema turunan yang masih berkaitan dengan tema utama.

3. Cari hubungan antara tema dan tandai dengan garis, warna dan simbol.

Dari setiap tema turunan pertama akan muncul lagi tema turunan kedua ketiga dan seterusnya.

4. Gunakan huruf besar

Fungsinya untuk membantu kita menuliskan poin-poin penting di dalam peta pikiran.

5. Buatlah peta pikiran di kertas polos dan mulailah berpikir kreatif.

6. Sisakan ruangan dalam peta pikiran untuk menambah tema.

Contoh peta pikiran bertema lingkungan :

Manfaat peta pikiran :

1. Membantu daya ingat, baik untuk mengingat benda visual berwarna dan gambar

2. Belajar menjadi lebih menyenangkan baik untuk dilihat dibaca, dicerna dan diingat

3. Efektif dan efisien, tanpa melihat satu buku penuh cukup melihat peta pikiran maka kita akan lebih berinovasi dan kreatif dalam berimajinasi

Fungsi peta pikiran :

1. Merangkum keseluruhan paragraf baik dalam merangkum 1 buku dalam satu lembar peta pikiran

2. Bisa digunakan untuk menyusun jadwal mingguan

3. Bisa untuk membuat peta impian kehidupan 

4. Mengumpulkan Banyak data dalam satu tempat

5. Merangkum pelajaran dan artikel

6. Menyusun teks pidato dan ceramah

7. Membuat jadwal pelajaran

Dalam membuat peta pikiran kita harus mampu mendapatkan informasi penting. Informasi penting bisa didapatkan dengan cara membaca mendengarkan mencari di internet atau bertanya langsung kepada orang yang memahami informasi yang sedang kita cari yaitu yang disebut dengan wawancara.



Dalam bahasa Inggris wawancara disebut interview, yaitu merupakan percakapan antara dua orang atau lebih dan berlangsung antara narasumber dan pewawancara yang bertujuan mendapatkan informasi yang tepat dari narasumber terpercaya.

Sebelum melakukan wawancara kita harus menyusun daftar pertanyaan untuk mempermudah kita dalam pelaksanaan wawancara yaitu menggunakan rumus 5W 1H.


Perhatikan dan simak video cara membuat peta pikiran berikut ini :



Tugas :

Kerjakanlah !

1. Aktivitas 3 halaman 4

 2. Buatlah peta pikiran sekreatif mungkin yang bertema lingkungan.

3. Lakukan wawancara dengan petani (boleh Keluarga / orang lain), dengan tema LINGKUNGAN. (Bebas dan kreatif).

 - buat daftar pertanyaan dengan 5W 1H

- sertakan nama narasumber / orang yang diwawancarai 

- minta tanda tangan narasumber

Lihat contoh format berikut ini : 

(Tidak boleh sama seperti contoh yang diberikan) !


   Hasil wawancara 

Narasumber : Ibu Sukarni
Tema : Cara menghasilkan padi yang berkualitas

Daftar pertanyaan : 

1. apa saja yang biasanya Ibu tanam di sawah selain padi ? 
(what)

Jawaban narasumber : 

2. Siapa saja yang biasanya membantu ibu menanam padi ? 
(Who)

Jawaban narasumber :

3. Bagaimana memilih bibit yang baik untuk mendapatkan padi yang berkualitas ? 
(how)

Jawaban narasumber :

4. Mengapa ibu memilih menanam bibit sendiri tanpa memperkejakan orang lain ?
(Why)

Jawaban narasumber : 

5. Kapan biasanya musim tanam yang baik ?
(When)

6. Dimana ibu mendapatkan bibit yang berkualitas ? 
(Where)

jawaban narasumber :


Kesimpulan : 



Tanda tangan narasumber :

,..........................................


Seperti biasa tugas dikumpulkan via japri WhatsApp kemudian nilai dicantumkan oleh masing-masing individu pada buku tulis menggunakan pensil, yang nantinya akan diperjelas menggunakan pulpen oleh guru saat tatap muka.

Untuk tugas wawancara ditulis di buku tulis dengan jelas.


Anak yang terlambat mengumpulkan tugas tanpa memberi alasan yang jelas maka nilai  tidak akan maksimal.

Belajar disiplin untuk mengumpulkan tugas tepat waktu sesuai tanggal yang telah ditetapkan.

Silakan mengisi list pengumpulan tugas pada grup daring kelas 4.

Selamat belajar dan selamat mengerjakan !


Siti Aisyah, S.Pd (Guru kelas 4)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS DARING BAHASA JAWA KELAS 4

Bahasa Jawa kelas 4